Yuk Mengingat Kembali Pentingnya GERMAS !

  • Jan 31, 2023
  • Webadmin Desa Glesungrejo, Baturetno, Baturetno

Pada Senin 30 Januari 2023 telah terlaksana program Kelas Sibu prigel di sektor utara. Tim yang bertugas membersamai adalah Tim 4, yaitu Tim Kesehatan Keluarga. Pada kesempatan tersebut peserta kembali diingatkan akan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Tim menyampaikan salah satu aksi nyata yang perlu dievaluasi dalam berperilaku hidup sehat adalah tentang isi piring ku. Perlu diingat kembali bahwa komposisi isi pring yang baik adalah 90% terdiri dari makanan pokok & lauk pauk ( 60% makanan pokok, 30% lauk pauk), 90% terdiri dr buah dan sayur (60% sayur, 30% buah) 
Aksi lainnya dalam GERMAS adalah memantau berat badan, budaya minum air 8 gelas sehari, aktifitas fisik (olahraga), cuci tangan pakai sabun, dll.

Para peserta yang terdiri dari ibu-ibu produktif Dusun Sidorejo, Sidorejotati, dan Karangwidodo bertekad mewujudkan pola hidup sehat pada lingkungan keluarga agar tercipta keluarga-keluarga yang sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit