Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Glesungrejo, Baturetno, Wonogiri, Berbasis Web Map

  • Mar 21, 2024
  • Webadmin Desa Glesungrejo, Baturetno, Baturetno

Desa Glesungrejo, Baturetno, Wonogiri (05/03/2024) - Pada era digital yang terus berkembang, teknologi memungkinkan inovasi dalam banyak bidang, seperti pemetaan dan geospasial. Pengembangan peta digital berbasis ArcGIS (System Informasi Geografis) adalah salah satu inovasi terbaru yang sedang dipromosikan. Peta ArcGIS memungkinkan pengguna berinteraksi langsung dengan data geografis melalui internet dengan menggabungkan teknologi web dengan kemampuan analisis geografis GIS yang kuat. Ini memungkinkan pengguna mengakses peta melalui berbagai perangkat, mulai dari komputer atau laptop hingga perangkat seluler seperti smartphone.

 

Kontribusi yang signifikan diberikan oleh peta digital berbasis ArcGIS. Kemajuan teknologi ini tidak hanya menawarkan cara baru untuk memahami dan mengelola ruang geografis, tetapi juga membangun fondasi untuk pengembangan desa digital yang cerdas dan terhubung di masa depan. Penambahan informasi UMKM dapat menjadi peluang dikenalnya baik produk dan jasa yang ada di Desa Glesungrejo oleh masyarakat luas, serta menambah pendapatan secara tidak langsung bagi pegiat UMKM. 

 

Mahasiswa KKN Universitas Sebelas Maret kelompok 83 Tahun 2024/2025, Ahda Dinansya Trisnawan Putra dari Program Studi S1 Teknik Sipil melakukan digitalisasi Peta Desa Glesungrejo dengan menggunakan ArcGIS Online. Dia juga mengupdate Peta Desa Glesungrejo dan menambahkan informasi UMKM yang ada di desa sesuai dengan kaidah kartografi yang tercantum dalam Peraturan Kepala Badan Informasi Geospasial Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Spesifikasi Teknis Penyajian Peta Desa.