Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pacitan Memimpin Langsung Kunjungan ke Kantor Desa Glesungrejo

  • Nov 22, 2023
  • Webadmin Desa Glesungrejo, Baturetno, Baturetno

Glesungrejo, 14 November 2023, Pemerintah Desa Glesungrejo menerima kunjungan dari Dinas Sosial Kabupaten Pacitan. Maksud dan tujuan kunjungan ini, untuk memenuhi salah satu persyaratan pengusulan gelar pahlawan nasional salah seorang tokoh legendaris pemimpin Pondok Pesantren Termas generasi keempat yaitu KH. Hamid Dimyathi kepada Kementrian Sosial Republik Indonesia. Salah satu syarat agar diangkat menjadi tokoh nasional adalah adanya nama tokoh yang diusulkan tersebut digunakan sebagai nama jalan disalah satu daerah yang pernah disinggahi atau menjadi jejak perjuangan sang pahlawan. 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pacitan, Drs. Sumorohadi, M.Si., memimpin sendiri delegasi dari Dinsos Pacitan menyampaiakan rasa syukur dan terimakasih atas kerelaan bapak Kades Glesungrejo secara khusus dan masyarakat desa Glesungrejo secara umum yang menampilkan salah satu ruas jalan desa menjadi Jalan KH. Hamid Dimyathi. Kunjungan ini juga untuk menyempurnakan dokumen TP2GD kabupaten Pacitan sebagai bahasan dalam sidang TP2GD yang akan digelar tanggal 28 November 2023 di Surabaya.

 

 

Selain peninjauan jalan KH. Hamid Dimyathi, rombongan delegasi dari DinSos Kabupaten Pacitan juga melihat beberapa bukti sejarah berupa sisa bangunan yang pernah disinggahi sang pahlawan serta cerita dari saksi sejarah yang tersisa di Desa Glesungrejo.

Jalan desa yang telah diberi nama dengan nama pahlawan pimpinan PP Tremas 1934-1948, membentang dari Dusun Glesung RT/RW 002/002 sampai dengan Dusun Putuk RT/RW 001/004 dan RT/RW 003/004. Pemberian nama jalan tersebut dituangkan dalam berita acara hasil musyawarah desa Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Perangkat Desa serta Ketua RT dan RW sedesa Glesungrejo pada hari kamis, 19 Oktober 2023 di kantor Desa Glesungrejo.

Sebelum bertolak ke destinasi selanjutnya, delegasi Dinas Sosial Kabupaten Pacitan tersebut memberikan kenang-kenangan kepada Pemerintah Desa Glesungrejo  berupa sebuah buku yang berjudul Jejak Juang Kyai Hamid Dimyati. Buku tersebut ditulis oleh Bapak Subiyanto Munir, Kabid Dayasos Dinas Sosial Kabupaten Pacitan, yang juga turut membersamai Tim survei. *adit