Sistem Administrasi Kependudukan Digital Desa Glesungrejo

  • Aug 31, 2023
  • Webadmin Desa Glesungrejo, Baturetno, Baturetno

Dalam rangka melaksanakan undang-undang nomer 6 tahun 2014 tentang Desa, terkhusus pasal 19b terkait kewenangan lokal berskala desa dan amanat yang tercantum dalam asas penyelenggaraan pemerintahan desa yang tertuang dalam pasal 24, sehubungan dengan itu perlu dilakukan penertiban dan pendataan data kependudukan secara mandiri yang dapat dikelola sewaktu-waktu dengan mudah. Kemudian dengan adanya Peraturan Bupati Nomer 35 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan Peraturan Bupati wonogiri Nomer 77 Tahun 2022 Tentang Inovasi Daerah maka Pemerintah Desa Glesungrejo merintis penggunaan teknologi dalam sistem administrasi desa secara digital khususnya dalam pentatausahaan data-data yang berkaitan dengan kependudukan.

Data-data kependudukan bagi desa merupakan komponen sangat vital, baik untuk tata Kelola pemerintahan, pelayanan masyarakat dan sebagai dasar pengambilan kebijakan serta keputusan. Tanpa adanya data yang valid, tentu rancang bangun pembangunan juga tidak akan tepat sasaran sehingga kemandirian pengolahan data kependudukan bagi desa sangat diperlukan. Dengan adanya SDG’s sebenarnya membantu akan kebutuhan akan ketersedian data. Akan tetapi, pembaharuan data di dalam SDG’s tidak sefleksibel yang dikira, membutuhkan proses yang cukup panjang. Oleh karena itu, data kependudukan yang diolah secara mandiri sangat diperlukan sebagai data alternatif yang valid dan terbaharukan.

Pemerintah Desa Glesungrejo melakukan Inovasi dengan memunculkan sistem tata Kelola Administrasi Kependudukan Desa secara digital. Diharapkan dengan terciptanya sistem ini dapat memupuk dan memperkuat kemandirian dalam penyediaan data-data kependudukan.

Manfaat data dalam aplikasi ini dapat diperbaharui setiap hari sedangkan data dalam SDG’s harus menunggu sidang pleno perubahan data terlebih dahulu untuk pembaharuannya. Kemudian, proses pencarian data kependudukan dalam aplikasi desa yang tergabung dalam aplikasi Teman MasJo dapat dengan mudah dilakukan. Setiap perangkat atau stakeholder dapat mengakses data-data yang telah diarsipkan dengan lebih cepat dimanapun dan kapanpun. Selanjutnya, sistem ini terhubung dengan web desa sehingga masyarakat akan disuguhkan beragam informasi yang menarik terkait berita desa.