Rutinkan Datang ke Posyandu Balita Agar Terjaga Tumbuh Kembangnya

  • Jan 25, 2023
  • Webadmin Desa Glesungrejo, Baturetno, Baturetno

Kegiatan Posyandu Balita di Desa Glesungrejo Kecamatan Baturetno telah berjalan secara rutin setiap bulannya. Bersama Kader Posyandu Balita, Bidan Desa Glesungrejo sukseskan kegiatan ini di setiap bulannya. 

Ada banyak manfaat datang ke Posyandu yang belum disadari oleh para ibu. Dengan rutin datang ke Posyandu, tumbuh kembang anak selama masa keemasannya (0-5 tahun) akan terpantau dengan baik. Tidak hanya ditimbang dan diukur tinggi badannya, anak-anak akan diberikan asupan makanan bergizi yang baik untuk pertumbuhan. Para ibu juga bisa berkonsultasi langsung dengan kader kesehatan dan/atau petugas kesehatan, sehingga berbagai permasalahan kesehatan anak dapat segera terselesaikan dengan benar. Lebih dari itu, para ibu bisa berbagi pengalaman dengan ibu lainnya selama berada di Posyandu. Hal ini tentu akan berdampak sangat positif pada tumbuh kembang anak.

Posyandu Balita di Desa Glesungrejo terdiri dari 8 kelompok. Ke-8 kelompok Posyandu Balita ini telah melaksanakan kegiatan diBulan januari dengan Jadwal sebagai berikut :

1. Posyandu Puji Lestari Dusun Sukorejo pada Selasa, 17 Januari 2023

2. Posyandu Mugi Langgeng Dusun Bulu pada Rabu, 18 Januari 2023

3. Posyandu Jadi Makmur Dusun Glesung pada Kamis, 19 Januari

4. Posyandu Muji Rahayu Dusun Jatirejo dan Gondang pada Jumat, 20 Januari 2023

5. Posyandu Jadi Mulya usun Putuk pada Sabtu, 21 Januari 2023

6. Posyandu Balita Jadi Sari Dusun Sonosari pada Minggu, 22 Januari 2023

7. Posyandu Balita Sido Guyub Dusun Sidorejo dan Sidorejotati pada Selasa, 24 Januari 2023

8. Posyandu Balita Murni Sari Dusun Karangwidodo pada Selasa, 24 Januari 2023

Pada Bulan Januari ini, Bidan Desa Glesungrejo; Amanah Purwaningsih, S. Keb memberikan materi tentang imunisasi PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine) dan juga penyampaian jadwal imunisasi di tahun 2023 ini.

Mengutip dari situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), vaksin pneumokokus atau pneumococcal conjugate vaccine (PCV) adalah imunisasi untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri streptococcus pneumoniae atau kuman pneumokokus.

Penyakit pneumokokus mampu menyerang siapa saja, tapi paling rawan adalah anak usia kurang dari 5 tahun dan orang tua berusia lebih dari 50 tahun.

Kuman pneumokokus bisa menyebabkan beberapa penyakit, seperti radang paru (pneumonia), radang selaput otak (meningitis), dan infeksi darah (bakteremia).

Penjelasan dalam situs resmi IDAI, penyakit pneumokokus menjadi penyebab kematian paling tinggi pada balita.

Materi ini sangat bermanfaat untuk para ibu balita yang hadir.