Rembug Stunting Desa Glesungrejo

  • Aug 08, 2023
  • Webadmin Desa Glesungrejo, Baturetno, Baturetno

Kata stunting masih terdengar asing di telinga kita, padahal hal ini sering kita jumpai di berbagai wilayah di desa. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh dikarenakan kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu cukup lama sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak. Stunting sendiri mendapat perhatian khusus dari Pemkab Wonogiri dengan berbagai program untuk menurunkan stunting di Wilayahnya. Masalah ini jika terus dibiarkan akan mempengaruhi tumbuh kembang balita/anak yang mana balita/anak yang sedang bertumbuh sekarang ini adalah cikal bakal pemimpin dimasa depan. Anak yang terganggu pertumbuhannya dapat mempengaruhi kemampuan, kreatifitas dan prestasinya saat usia-usia produktif. Sehingga Percepatan penanganan stunting sangat penting untuk segera dilaksanakan.

 

Pada tanggal 24 Juli 2023, Pemerintah Desa Glesungrejo menyelenggarakan kegiatan Rembug Stunting Desa Glesungrejo di Pendopo Balai Desa. Acara ini bertujuan membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan stunting desa. Penanganan problematika stunting tidak dapat dilaksanakan sendiri, perlu adanya sinergi dari berbagai pihak sehingga stunting desa benar-benar tertangani. Sebagai contoh, terdapat kasus stunting yang unik dimana orang tua anak yang terkena stunting tersebut berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil bukan orang-orang yang tidak mampu. Sehingga hal-hal semacam ini perlu pendekatan yang melibatkan tidak hanya kader yang melayani masalah stunting saja tetapi  juga peran ketua kewilayahan seperti ketua RT, RW, Kepala Dusun bahkan Kepala Desa sendiri.

Acara Rembug Stunting Desa Glesungrejo dihadiri tim dari Kecamatan Baturetno yang terdiri dari Camat Baturetno, Kepala UPTD Puskesmas Baturetno , dr. Sustiadi, Kepala KUA Baturetno, Kasi Tapem Kecamatan Baturetno dan Tim Ahli Gizi Kecamatan Baturetno. Hadir juga Ketua RT, RW, dan Kepala Dusun diseluruh Wilayah Desa Glesungrejo. Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan mampu menurunkan stunting sehingga Desa Glesungrejo Menjadi Desa yang bebas Stunting.