Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Bidang Kesehatan Desa Glesungrejo tahun 2019

  • Dec 04, 2019
  • glesungrejo

WONOGIRI, glesungrejo.desa.id _ Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakatnya dan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri. Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bertanggungjawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya pada satu atau bagian wilayah kecamatan. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dinyatakan bahwa Puskesmas berfungsi menyelenggarakan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP) tingkat pertama. Agar Puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik maka puskesmas harus menyusun rencana kegiatan yang tertuang dalam rencana tahunan dan rencana lima tahunan. Perencanaan ini harus disusun dengan mempertimbangkan hasil analisa dari sisi pandang masyarakat yang dilakukan melalui Survey Mawas Diri (SMD). Selasa, 03 Desember 2019 Puskesmas Baturetno I bersama Pemerintah Desa Glesungrejo menyelenggarakan Musyawarah Masyarakat Desa Bidang Kesehatan. Peserta MMD pada kesempatan kali ini adalah BPD, Perangkat Desa, Ketua RT dan RW serta Kader Kesehatan masing-masing dusun. [caption id="attachment_1701" align="aligncenter" width="300"] Peserta Musyawarah Masyarakat Desa[/caption]   [caption id="attachment_1703" align="aligncenter" width="300"] Sambutan dan Pembukaan oleh Kepal Desa Glesungrejo; Andi Wirawan[/caption] Dalam sambutannya, Kepala Desa Glesungrejo; Andi Wirawan memaparkan dasar dari kegiatan MMD Desa Glesungrejo adalah hasil kegiatan SMD bulan September dan PIS-PKĀ  yang telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu.

Adapun tujuan dilaksanakannya Musyawarah Masyarakat Desa diantaranya sebagai berikut:
  1. Masyarakat mengenal masalah kesehatan di wilayahnya;
  2. Masyarakat bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan Desa Siaga;
  3. Masyarakat menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan dan melaksanakan desa siaga.
[caption id="attachment_1702" align="aligncenter" width="300"] Peserta MMD mendengarkan penjelasan dari Kepala Puskesmas Baturetno I ; dr. Sustyadi, M. Kes[/caption]   [caption id="attachment_1733" align="aligncenter" width="300"] Kepala Puskesmas Baturetno I; dr. Sustyadi, M. Kes saat memberikan sambutan[/caption] "Dari 12 indikator PIS PK dan 24 indikator SMD yang belum dicapai, dicari permasalahnya dan dipecahkan bersama-sama serta pendanaan dianggarkan dari Dana Desa", tutur Kepala Puskesmas Baturetno I; dr. Sustyadi, M. Kes Dalam kesempatan ini fasilitasi MMD dipimpin oleh Basuki, Amk dan Amanah Purwaningsih, Amd. Keb Musyawarah diformat dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD). Sebelum peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, team memimpin dinamika kelompok agar suasana menjadi nyaman dan peserta tidak merasa jenuh serta siap untuk melaksanakan diskusi. [caption id="attachment_1704" align="aligncenter" width="300"] Ice breaking dipimpin oleh kader kesehatan Dusun sidorejo; Khomsatun[/caption]     [caption id="attachment_1705" align="aligncenter" width="300"] Team Puskesmas Baturetno I; Basuki, Amk. memberikan pemaparan hasil PIS PK Desa Glesungrejo[/caption]   Berikut Indikator-indikator keluarga sehat:
  1. Keluarga mengikuti program KB
  2. Ibu melakukan persalinan dan fasilitas kesehatan
  3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap
  4. Bayi mendapat ASI eksclusive
  5. Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan
  6. Penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar
  7. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur
  8. Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak diterlantarkan
  9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok
  10. Keluarga sudah menjadi anggota JKN
  11. Keluarga mempunyai akses sarana air bersih
  12. Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat
Indikator-indikator tersebut menjadi prioritas masalah dalam diskusi kelompok [caption id="attachment_1706" align="aligncenter" width="300"] Basuki, Amk. memandu jalan nya FGD[/caption] Pembagian kelompok berdasarkan prioritas masalah diwilayah masing-masing [caption id="attachment_1715" align="aligncenter" width="300"] Diskusi dengan prioritas masalah "Penderita gangguan jiwa belum mendapatkan pengobatan dan tidak diterlantarkan"[/caption]   [caption id="attachment_1714" align="aligncenter" width="300"] diskusi dengan prioritas masalah " Keluarga banyak yang belum terdaftar JKN"[/caption]   [caption id="attachment_1713" align="aligncenter" width="225"] Diskusi dengan prioritas masalah "Anggota Keluarga masih merokok"[/caption]   [caption id="attachment_1712" align="aligncenter" width="300"] Diskusi dengan prioritas masalah "Peserta KB aktif masih rendah"[/caption]   [caption id="attachment_1710" align="aligncenter" width="300"] Diskusi dengan prioritas masalah "ASI exclusive rendah"[/caption]   [caption id="attachment_1711" align="aligncenter" width="300"] Diskusi dengan prioritas masalah "Rendahnya penderita hipertensi yang melakukan pengobatan rutin"[/caption]   [caption id="attachment_1709" align="aligncenter" width="300"] Disjusi dengan prioritas masalah " Pertolongan persalinan di fasyankes masih kurang"[/caption]   [caption id="attachment_1716" align="aligncenter" width="300"] Diskusi dengan prioritas masalah "Rendahnya balita yang mendapatkan pemantauan pertumbuhan dan perkembangan"[/caption]   [caption id="attachment_1708" align="aligncenter" width="300"] Diskusi dengan prioritas masalah "Akses jamban sehat masih kurang"[/caption] Setelah diskusi masing-masing kelompok selesai, kegiatan selanjutnya adalah pemaparan hasil diskusi kelompok. [caption id="attachment_1729" align="aligncenter" width="300"] Kesimpulan oleh Basuki, Amk[/caption] Secara umum kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Desa Glesungrejo telah berjalan dengan lancar dan berbagai macam usulan rencana kegiatan yang berasal dari hasil analisis kebutuhan masyarakat ini akan ditindaklanjuti di kemudian hari. (admin_nf)