Mengenal Lebih Dekat SDG's Desa - Bintek Perbaikan dan Pembaharuan Data SDG's Desa

  • Jun 23, 2023
  • Webadmin Desa Glesungrejo, Baturetno, Baturetno

Baturetno, 20 Juni 2023, Pemerintah Desa Glesungrejo menghadiri sosialisasi pembaharuan dan perbaikan data SDG's Desa di Pendopo Balai Desa Belikurip, Kecamatan Baturetno. Acara tersebut dimoderatori oleh Kasi Tatakelola Pemerintahan  kecamatan Baturetno, Lilik Hendratno S.E. Kemudian untuk narasumber diisi oleh tenaga ahli dari dinas PMD kabupaten Wonogiri, Satyagraha. Bimbingan Teknis pembaharuan Data SDG's Desa Sekecamatan Baturetno tersebut dihadiri oleh 13 Sekretaris Desa beserta operator yang membidangi.

SDG’s itu sendiri kepanjangan dari Sustainable Development Program atau yang bisa kita artikan sebagai upaya terpadu untuk pembangunan ekonomi, sosial, lingkungan, hukum dan tata keloka masyarakat ditingkat desa. Goals SDG's desa diturunkan dari Goals SDG's Nasional menjadi 18 bidang fokus pambangunan. Skala SDG's Desa adalah 0-100, semakin besar skor menunjukkan semakin besarnya capaian SDG's Desa. SDG's sendiri bagi pemerintah pusat sangat berperan untuk menentukan arah kebijakan nasional tentang desa, tentu hal ini akan disandingkan dengan data-data lain seperti data dari Badan Pusat Statisti. Bagi desa SDG's dibutuhkan sebagai dasar acuan pembangunan desa serta penyusunan RPJMDes. Sehingga data yang ada dalam SDG's perlu terus untuk diperbaiki dan diupdate. Ada 4 jenis pendataan dalam SDG's:

  1. Data Kuesioner Desa
  2. Data Kuesioner RT
  3. Data Kuesioner Keluarga
  4. Data Kuesioner Individu

Untuk Link akses dapat di klik dari website : dashboard-sdgs.kemendesa.go.id serta mengetahui hasil capaian dapat diakses di : sid.kemendesa.go.id