Memperkuat Cagar Budaya, Pemerintah Desa Glesungrejo Gelar Lomba Pidato Bahasa Jawa

  • Aug 31, 2023
  • Webadmin Desa Glesungrejo, Baturetno, Baturetno

Sejak berkembang pesatnya teknologi informasi dan komunikasi, kebudayaan mengalami perubahan sangat signifikan. Perubahan mulai terjadi disegala lini, baik perubahan yang kearah positif maupun negatif. Begitu juga identitas budaya jawa yang sarat akan nilai-nilai luhur semakin terkikis eksistensinya. Bahkan terwarnai dengan kebudayaan yang jauh dari norma-norma ketimuran. 

       Salah satu hal yang paling kentara mulai lunturnya adat-istiadat Jawa adalah semakin sedikitnya orang Jawa yang mampu menggunakan bahasa Jawa Krama Inggil. Contoh kecil yang terjadi dimasyarakat, khususnya warga desa Glesungrejo adalah warga mulai kekurangan bahkan kesulitan untuk mencari orang yang mampu mengisi acara-acara kemasyarakatan, seperti sambutan acara adat desa, pernikahan, acara kematian, dll. Oleh sebab itu, Pemerintah Desa Glesungrejo berinisiatif untuk mengadakan Lomba Pidato Bahasa Jawa dengan tema Resepsi Pernikahan. Tema ini dipilih karena acara pernikahan adalah acara yang paling sering ada di dalam masyarakat. Dengan adanya lomba ini, diharapkan akan muncul bibit-bibit yang memiliki kemampuan berbahasa krama inggil untuk mengisi acara adat desa.

 

   Kompetisi pidato bahasa jawa tersebut dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 13 Agustus 2023 dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78. Acara yang dilaksanakan di dalam ruang pertemuan Balai Desa Glesungrejo ini di ikuti oleh 8 dusun dari 10 dusun sedesa Glesungrejo. Lomba tersebut bersifat beregu, setiap regu terdiri dari tiga orang yang meliputi: seorang sebagai Pambiawara atau Pembawa acara, Seorang bertugas sebagai Pasrah Temanten dan seorang sebagai Penampi Pasrah. kriteria yang dinilai terdiri dari tiga aspek yaitu: Penampilan, Kemampuan Bahasa dam Keruntutan. Setiap Tim diberikan waktu masksimal 25 menit untuk unjuk kebolehan.