Halal Bi Halal 1444 H

  • May 15, 2023
  • Webadmin Desa Glesungrejo, Baturetno, Baturetno

Glesungrejo, 10 Mei 2023 Pemerintah Desa Glesungrejo menggelar acara halal hi halal syawal 1444H dengan seluruh tokoh masyarakat dan lembaga desa. Acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa tersebut rutin diselenggarakan setiap tahun di bulan Syawal bukan hanya sekedar formalitas ataupun rutinitas. Akan tetapi, mempunyai nilai-nilai luhur yang dapat memperkuat nilai solidaritas yang akan mendonkrak produktifitas.

Makna halal bi halal sendiri adalah sebuah momentum unik sebagai ajang untuk saling meminta maaf dan memberi maaf, untuk dapat saling memberi udzur terhadap kesalahan saudaranya sehingga akan tercipta keharmonisan antar individu.Terlebih bagi tokoh masyarakat, Lembaga Desa dan Pemerintah Desa, makna halal bi halal dapat mempererat dan merekatkan kembali persatuan yang mungkin sempat memudar. Tidak dipungkiri, bahwa ketika hidup bermasyarakat pasti terjadi gesekan-gesekan dan keretakan-keretakan, baik yang disengaja maupun tidak disengaja sehingga hal tersebut dapat memicu konflik yang dapat memudarkan bahkan menghilangkan nilai-nilai ukhuwah atau persatuan dan tenggang rasa antar sesama. 

Seandainya sebuah konflik batin antar individu dibiarkan terus menerus tanpa penyelesaian, maka hal tersebut akan menumpuk dan akhirnya suatu saat akan menjadi gunung sandungan yang menghambat kemajuan desa. Untuk membentuk desa yang maju, mandiri dan sejahtera dibutuhkan sinergi atau kerjasama yang saling mendukung antar masyarakat, terutama tokoh-tokoh desa yang dituakan oleh masyarakat setempat. Tanpa adanya sinergi maka akan mustahil visi-misi serta program desa akan terlaksana dengan sempurna. Oleh karena itu, halal bi halal ini sebagai momentum untuk mempererat kembali tali persatuan yang mungkin sempat merenggang.