Bimbingan Teknis Peningkatan SDM Aparatur Pemerintahah Desa Se-kecamatan Baturetno

  • Jun 23, 2023
  • Webadmin Desa Glesungrejo, Baturetno, Baturetno

Baturetno, Senin, 29 Mei 2023, Aparatur Pemerintah Desa Sekecamatan Baturetno melaksanakan Bimbingan Teknis Peningkatan Sumber Daya Manusia yang diselenggarakan Pemerintah Desa Sekecamatan Baturetno bekerjasama dengan Kecamatan Baturetno yang menghadirkan berbagai Narasumber dari Dinas PMD Kabupaten Wonogiri. Dalam acara yang digelar di balai desa Gembiranom tersebut menitikberatkan tiga permasalahan, yaitu:

1. Tugas pokok dari masing-masing perangkat desa dan pentingnya komunikasi dalam menjalankan tugas agar tercipta sebuah kerjasama yang epik dalam rangka penyelesaian tugas dan tanggungjawab beban kerja pemerintah desa yang semakin lama semakin meroket.

2. Managemen pencatatan, pengelolaan yang sesuai prosedur dan pelaporan aset desa kepada stakeholder terkait. Mengingat masih banyak desa di wilayah kabupaten Wonogiri dalam hal pencatatan dan pengelolaan belum tertib pengadministrasian, terkhusus masalah aset strategis seperti tanah kas desa dan tanah bengkok, sehingga diharapkan setelah acara ini desa-desa yang belum melengkapi berbagai macam administrasi dapat segera memenuhinya.

3. Bimbingan teknis pengisian aplikasi Sistem Aset Desa (Sipades).

Dalam rangkaian acara Bintek Peningkatan SDM Sekecamatan Baturetno tersebut, diakhiri kunjungan dan study banding ke desa terbersih tidak hanya se-Indonesia, yaitu desa adat Panglipuran yang terletak dipulau Dewata pada tanggal 1 juni 2023. Desa adat Panglipuran tidak hanya mendapatkan gelar desa terbersih se-Indonesia melainkan telah mendapat predikat desa terbersih se-Asean.