Camat Baturetno Kunjungi Posyandu Balita Murni Sari

  • Feb 28, 2023
  • Webadmin Desa Glesungrejo, Baturetno, Baturetno

Bulan Februari merupakan bulan pemberian Vitamin A secara serentak bagi Balita di seluruh Indonesia. Dalam rangka hal tersebut Camat Baturetno bersama Ketua TP PKK Kecamatan Baturetno mengunjungi kegiatan rutin yang dilaksanakan Posyandu Murni Sari Dusun Karangwidodo (25/02/23). Selain ingin mengetahui pelaksanaan rutinitas ini beliau juga memantau program pemberian vitamin A yang menjadi agenda besar pemerintah. Salah satu vitamin yang bisa didapatkan anak di posyandu adalah vitamin A. Vitamin A memegang peran penting dalam tumbuh kembang anak. 

Manfaat Vitamin A di Posyandu Untuk Anak :

1. Melindungi Mata

Selain vitamin C, vitamin A juga memegang pernanan penting untuk menjaga penglihatan anak. Melansir dari Healthline, vitamin A ini bisa mengubah cahaya yang mengenai mata anak menjadi sinyal listrik yang dapat dikirim ke otak. Faktanya, manfaat vitamin A ternyata ampuh untuk mencegah anak mengalami rabun senja. Dengan begitu penglihatan anak pun bisa terus baik sehingga mempermudah mereka dalam melakukan aktivitas.

2. Melindungi dari Kanker

Kanker merupakan penyakit yang cukup mematikan dan bisa dialami anak-anak. Pengobatan dari penyakit ini juga panjang bahkan ada yang sampai seumur hidup. Vitamin A sendiri memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker yang ada di tubuh anak. Berdasarkan hasil penelitian, mengonsumsi vitamin A dalam jumlah yang lebih tinggi dan bentuk beta karoten telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Seperti, limfoma hodgkin, kanker serviks, kanker paru, dan kanker kandung kemih.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A ini bisa mendukung lendir penghalang di mata, paru-paru, usus, dan alat kelamin anak yang membantu menjebak bakteri dan agen infeksi lainnya. Sehingga anak-anak pun tidak mudah sakit atau teinfeksi penyakit tertentu. Vitamin A juga terlibat dalam produksi dan fungsi sel darah putih. Dimana fungsi sel darah putih ini dapat membantu menangkap dan membersihkan bakteri serta patogen lain dari aliran darah anak.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Mungkin selama ini, orang menilai bahwa vitamin D yang memegang peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. Hal tersebut memang benar Moms tetapi vitamin A juga memiliki peran dalam mendukung kesehatan tulang. Pasalnya, vitamin A ini bisa memberikan manfaat untuk tulang tumbuh dan berkembang dengan tepat. Kekurangan vitamin A bisa membuat kesehatan tulang anak buruk. Orang yang memiliki kadar vitamin A dalam darah rendah, lebih berisiko mengalami patah tulang.

Ketika anak mengalami patah tulang tentu saja akan sangat menyakitkan dan sulit untuk disembuhkan. Oleh sebab itu, untuk menjaga hal tersebut lebih baik berikan asupan vitamin A yang cukup untuk anak.

Jadi, jangan lupa untuk ajak anak supaya bisa mendapatkan vitamin A di Posyandu.

Semua Posyandu Balita di Desa Glesungrejo telah melaksanakan rutinitas posyandu dan pemberian vitamin A