Langkah Awal Merintis Inovasi Desa

WONOGIRI, glesungrejo.desa.id _ Program Inovasi Desa atau disingkat “PID” adalah program yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa, juga dapat meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan rakyat. Secara umum, tujuan dari Program Inovasi Desa adalah untuk mendorong penggunaan Dana Desa yang lebih berkualitas, efektif, dan efisien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat Desa (Lihat: Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 48 Tahun 2018).

Pemerintah Desa Glesungrejo mulai tahun 2022 bertekad membangun Desa inovatif. Desa Inovatif adalah suatu terobosan/konsep Desa yang bertumpu pada kekuatan inovasi untuk menciptakan cara, proses, dan produk baru yang sebelumnya ada atau bahkan belum pernah ada sama sekali.

Desa Inovatif juga disebut “Desa Inovasi” adalah suatu model pengembangan atau pembaharuan Desa yang mampu mendayagunakan sumber dayanya dengan cara yang baru dan berbeda.

Langkah awal Pemerintah Desa Glesungrejo memulai cita-cita besar ini yaitu dengan mendatangkan Kepala Desa Berprestasi Nasional pada Senin (10/01/22).

Banyak ilmu yang diperoleh pada kegiatan ini. Motivasi yang luar biasa dari seorang Kades Krandegan Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo menjadi energi tersendiri untuk segera merintis Inovasi Desa Glesungrejo.

 

Dwinanto (Kades Krandegan) memaparkan perjuangan merubah status desanya dari desa miskin menjadi desa mandiri. Inovasi Desa Krandegan di segala bidang (Pemerintahan, Lingkungan, Sosial dan Ekonomi) mampu membuka wawasan para peserta.

Peserta antusias menyimak pemaparan Kades Krandegan

Peserta yang mengikuti kegiatan ini selain Kepala Desa; Perangkat Desa dan Pengurus BUMDes Glesungrejo juga diikuti oleh Kepala Desa Baturetno, Perangkat Desa Balepanjang; Saradan; Gambiranom; Kedungombo dan Watuagung.

Melalui program inovasi desa diharapkan dapat meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa. Admin_nf

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan