Dusun Sukorejo Mendapat Kesempatan Penjaringan PTM

WONOGIRI, glesungrejo.desa.id _ Penjaringan PTM (Penyakit Tidak Menular) telah beberapa kali diselenggarakan di Desa Glesungrejo. Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan salah satu upaya kesehatan masyarakat (UKM) yang berorientasi kepada upaya promotif dan preventif dalam pengendalian penyakit tidak menular dengan melibatkan masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan monitoring-evaluasi.

Senin (20/12/21) Warga Dusun Sukorejo Desa Glesungrejo hadir memenuhi undangan dari Pemerintah Desa. Kegiatan ini sinergi dari Pemerintah Desa Glesungrejo dengan UPTD Puskesmas Baturetno 1 serta Kader Kesehatan Desa Glesungrejo. Antusias warga Dusun Sukorejo luar biasa, dari 84 sasaran yang hadir adalah sebanyak 76 sasaran. Artinya tingkat keikutsertaan dalam PTM sebanyak 90%.

Warga Dusun Sukorejo sedang mengikuti Upacara Pembukaan

 

Kepala Dusun Sukorejo; Mulyadi saat memberikan sambutan

“Bagi yang nanti terdekteksi adanya penyimpangan pada kesehatan bapak ibu, maka akan dirujuk ke Puskesmas untuk ditindak lanjuti.” pesan Kepala Dusun pada saat memberikan sambutan.

Sedangkan Kepala Desa Glesungrejo dalam sambutannya menerangkan bahwa sebenarnya kegiatan ini sudah di rencanakan Tahun 2020 tetapi akibat pandemi maka baru bisa terselenggara di akhir tahun .

Dari kiri kekanan; Kepala Desa, Ketua RT 2/8, Ketua RW, dan Ketua RT 1/8
Peyuluhan tentang PTM oleh UPTD Puskesmas Baturetno 1 sebelum kegiatan

Alur Pelayanan Penjaringan PTM adalah sebagai berikut:

  1. Meja 1 –> Pendaftaan
  2. Meja 2 –> Pengukuran TB, lingkar perut dan tekanan darah
  3. Meja 4 –> Pengukuran body feat
  4. Meja 5 –> Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS)
  5. Meja 5 –> Konseling
Pengukuran Tinggi Badan

Pengukuran Body feat

Pengecekkan GDS

 

Konsultasi atas hasil pengecekan kesehatan

 

Evaluasi bersama

Hasil dari kegiatan ini, 7 orang dirujuk untuk mendapatkan penanganan dari Puskesmas Baturetno 1. Sebab dirujuk adalah : Hipertensi/ Darah Tinggi sebanyak 2 orang, DM/ Gula sebanyak 4 orang dan KEK/ kekurangan energi Kronis sebanyak 1 orang. admin (nf)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan