Musin Hujan Tiba, Siap Galakkan PSN ke Warga

WONOGIRI, glesungrejo.desa.id _  Bulan Desember tiba, pertanda musim hujan dimulai. Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Desa Glesungrejo untuk mencegah wabah DBD. Upaya pencegahan adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

PSN adalah sebuah gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan 3M terdiri dari :

1. Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat        penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.
2. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya.
3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Kader Posyandu bersiap melaksanakan Sidak Jentik Nyamuk

Giat awal yang dilakukan Pemerintah Desa Glesungrejo adalah Sidak Jentik Nyamuk pada Penampungan air warga. Wilayah Desa Glesungrejo sektor selatan menjadi sasaran giat Sidak Jentik Nyamuk pada Jumat (17/12/21). Bidan Desa Glesungrejo; Amanah Purwaningsih bergerak menyebar ke wilayah tersebut bersama kader posyandu se Desa Glesungrejo.

Dusun yang dituju adalah Dusun Bulu, Dusun jatirejo, Dusun Gondang dan Dusun Sukorejo.

Dengan sidak jentik nyamuk ini maka angka bebas jentik nyamuk di Desa Glesungrejo sektor selatan dapat terukur. Hasil sidak kali ini angka bebas jentik nyamuk pada 4 dusun tersebut hanya 78,2 %, padahal Angka Bebas Jentik (ABJ) min 95%. Ayo semangat…. bersama kita ciptakan Desa Glesungrejo “bebas jentik nyamuk”! admin (nf)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan