Pemdes Glesungrejo Bersama Puskesmas Baturetno 1 Kembali Menggelar Skrining PTM

WONOGIRI, glesungrejo.desa.id _ Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan salah satu upaya kesehatan masyarakat yang berorientasi kepada upaya promotif dan preventif dalam pengendalian Penyakit Tidak Menular dengan melibatkan masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring-evaluasi. Dalam hal ini masyarakat diperankan sebagai sasaran kegiatan, target perubahan, agen pengubah sekaligus sebagai sumber daya.

Bidan Desa Glesungrejo; Amanah Purwaningsih, Amd.Keb memimpin acara Skrining PTM

Senin (8/11/2021) Pemerintah Desa Glesungrejo kembali bersinergi dengan Puskesmas Baturetno 1 menggelar  kegiatan skrining PTM. Kegiatan ini bukan yang pertama kali bagi masyarakat Glesungrejo, karena sudah dilakukan mulai sebelum pandemi melanda.

Pembukaan acara Skrining PTM

Untuk kali ini sasaran skrining adalah masyarakat Desa Glesungrejo usia 15 -59 tahun (terdiri dari remaja, ibu RT dan Perangkat Desa) berjumlah total 50 orang.

Sambutan Kepala Desa Glesungrejo

Dalam sambutannya, Kepala Desa Glesungrejo; Andi Wirawan menyampaikan bahwa kegiatan ini di dasari dari kekhawatiran atas perubahan perilaku di masyarakat saat ini, karena kebanyakan aktifitas dilakukan dengan duduk sehingga meminimalisir pengeluaran energi (sekolah daring, pekerja online, dll). Hal ini berakibat semakin tingginya resiko seseorang mengalami obesitas, degeneratif seperti hypertensi.

“Kasus hypertensi di Kabupaten Wonogiri tahun lalu mencapai 41%. Dengan adanya wabah Covid masyarakat enggan berkunjung ke Puskesmas, sehingga kondisi kesehatannya tidak bisa terpantau dengan baik”, tutur dr.Sustyadi (Kepala Puskesmas Batureno 1).

Skrining PTM tidak melakukan pengobatan. Bila ditemukan gejala abnormal akan diberikan konseling dan bila perlu akan dilakukan rujukan kemudian diberi pengobatan di Puskesmas.

Ikhwan Zaeni, S.Kep.Ners sedang memberikan Penyuluhan sebelum skrining dimulai

Pengelola program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P); Ikhwan Zaeni, S.Kep.Ners menyampaikan bahwa kegiatan penjaringan ini dilakukan oleh masyarakat (kader) dan untuk masyarakat serta di fasilitasi dari Puskesmas. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung olahraga komplek Kantor Desa Glesungrejo ini didanai dari Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tahun anggaran 2021

dr Sustyadi memantau meja 3 (pengukuran body fat)

 

Hasil dari kegiatan ini :

Sasaran : 50 orang, hadir : 47 orang. Jumlah kasus hasil skrining yaitu : obesitas 3 irang, Hypertensi 4 orang, DM 3 orang dan kasus rujukan sebanyak 5 orang.

 

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan