Perdana Vaksinasi Covid-19 di Desa Glesungrejo

WONOGIRI, glesungrejo.desa.id _ Vaksinasi Covid-19 bagi warga Lanjut Usia (Lansia) yang perdana dilaksanakan di Desa Glesungrejo Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri berjalan dengan lancar. Warga Lansia di Dusun Glesung, Dusun Sonosari, Dusun Putuk dan Dusun Sidorejo/ tati hadir memenuhi undangan pada Kamis (3/6/2021) di Balai Desa Glesungrejo.

Warga tetap menerapkan prokes

Kepala Puskesmas Baturetno 1; dr. Sustyadi mengatakan “vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia mendapat prioritas karena lansia dinilai rentan terkena  penularan penyakit. Vaksinasi untuk para lansia dilakukan agar mereka memiliki imun yang kuat sehingga terhindar dari penularan virus Covid-19.”

Kepala Puskesmas Baturetno 1 telah mempercayakan Desa Glesungrejo sebagai desa pertama program 500 dosis pada wilayah kerja.

Kepala Desa Glesungrejo saat memberikan sambutan

Kepala Desa Glesungrejo; Andi Wirawan menyampaikan “Vaksinasi sengaja diadakan di kantor desa supaya mudah dijangkau, terutama untuk warga lanjut usia. “Mari kita manfaatkan kemudahan fasilitas ini demi kebaikan bersama”, tuturnya.

Untuk bisa mendapatkan vaksin covid-19 warga harus melewati beberapa tahapan, diantaranya : cek data kependudukan, cek suhu badan, cek berat dan tinggi badan, cek tekanan darah, cek gula darah (bila ada indikasi), screening kesehatan, vaksin dan yang terakhir adalah observasi pasca vaksin.

 

Antri pada meja pendftaran
Petugas siap mengecek data kependudukan sebagai langkah pertama untuk bisa lolos pada tahapan berikutnya

 

Cek suhu badan, tinggi badan dan berat badan

 

Cek tekanan darah

 

Screening kesehatan oleh Dokter

 

Proses penyuntikan vaksin covid-19 oleh Bidan Desa Glesungrejo; Amanah Purwaningsih

 

Observasi pasca vaksin sembari menanti Kartu Vaksinasi tercetak

 

Teknisi dari Puskesmas Baturetno 1 sedang melakukan cetak kartu vaksin kepada warga yang telah sukses divaksin

 

sukses divaksin

Hasil dari Vaksinasi gelombang 1 ini adalah sebagai berikut :

Jumlah sasaran 184

Jumlah kehadiran 113

Jumlah tertunda 13

Jumlah tervaksin 100

Bidan Desa Glesungrejo dan kader ppkm mikro siap menjalankan tugas

 

Foto bersama Tim Puskesmas Baturetno 1

Pada gelombang berikutnya (tanggal 8 & 9 Juni) masyarakat Desa Glesungrejo sektor selatan dan utara harus lebih antusias untuk mengikuti vaksinasi sebagai program pemerintah untuk melindungi warga dari pandemi Covid-19. admin_nf

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan