TP PKK Desa Glesungrejo Gelar Empat Program Sekaligus Dalam Satu Waktu

WONOGIRI, glesungrejo.desa.id _ Meski masih dalam suasana pandemi, Tim Penggerak PKK Desa Glesungrejo tetap beraksi. Beberapa Program kerja untuk tahun 2021 telah disusun dalam Rakon akhir bulan Maret kemarin. Pada bulan April tepatnya tanggal 12, Tim Penggerak PKK Desa Glesungrejo telah menggelar empat program sekaligus. Bulan April adalah momentum Hari Kartini dan Hari Kesatuan Gerak PKK.

Prokes tetap dijalankan

Pada peringatan dua momentum tersebut, Tim Penggerak PKK Desa Glesungrejo mencanangkan “Gerakan Sabu-sabu (Satu Buku Satu Ibu)” sebuah gerakan literasi yang telah disusun oleh Pokja 2 dan melanjutkan Program Kerja Pokja 1 yaitu Sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) .

Dua Kegiatan tersebut merupakan kegiatan unggulan di tahun ini yang setiap bulan akan digelar. Teknisnya, peserta bergantian setiap bulannya. Di bulan April ini, peserta adalah Ibu-ibu produktif di Dusun Karangwidodo.

Peserta adalah Ibu produktif Dusun Karangwidodo

Peringatan Hari Kartini dan Hari Kesatuan Gerak PKK dilaksanakan secara sederhana tetapi sarat dengan makna.

Doa bersama sebelum acara dipimpin oleh Lina Rusiani

 

Pembacaan sejarah singkat RA. Kartini oleh Eni Yulianawati

 

Ketua Penyelenggara kegiatan saat memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Nunik Fauziah selaku Ketua Penyelenggara menjelaskan beberapa tujuan kegiatan ini, diantaranya :

  1. Dengan momen hari kartini ini semoga kita bisa meneladani meneruskan perjuangan mulia beliau
  2. Peringatan HKG PKK bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan PKK dari oleh dan untuk masyarakat kemudian meningkatkan pemahaman masyarakat tentang tujuan keberadaan PKK dalam rangka kesejahteraan keluarga dan meningkatkan kesadaran kader PKK dan masyarakat untuk mau dan terus mendukung 10 program PKK untuk kebaikan dan kesejahteraan bersama.
  3. Gerakan Sabu-Sabu (Satu Buku Satu Ibu) bertujuan agar para ibu mempunyai minat membaca yang tinggi sehingga ibu dapat mentransfer ilmu kepada anak-anaknya.
  4. Sosialisasi PAAR. Kegiatan yang menjadi salah satu program kerja unggulan dari Pokja 1 ini dilaksanakan dalam rangka membentuk karakter anak dan remaja didalam sebuah keluarga. Dan ini adalah tugas kita sebagai seorang ibu”

Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan Baturetno (Titik Pertiwi M, Menik, Listyorini, dan Winardi) serta tamu spesial yaitu Forum Taman Baca Masyarakat Kab. Wonogiri (Dwi Suswatiningsih, Wiratama, dan Afriandifa Nufriani).

Sekretaris TP PKK Kec. Baturetno; Ny. Titik Pertiwi saat memberikan sambutan

“Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan inovatif ini, semoga program baru ini berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan dan bisa diadopsi oleh TP PKK desa lain”, tutur Ny. Titik Pertiwi.

Pencanangan Gerakan Sabu-Sabu oleh Ketua TP PKK Desa Glesungrejo; Ny. Farina Andi Wirawan

“Gerakan Sabu-sabu ini adalah salah satu upaya untuk mewujudkan cita-cita Ibu Verawati Joko Sutopo (Ketua TP PKK Kabupaten wonogiri), yaitu menjadi orangtua yang Waskito”, tutur Farina Andi Wirawan selaku Ketua TP PKK Desa Glesungrejo pada sesi pencanangan Gerakan ini. Dengan budaya literasi ini bisa menjadikan para orangtua khususnya ibu menjadi orangtua yang bijaksana dalam membersamai putra putrinya.

Sekum Forum TBM Kab. Wonogiri; Dwi Suswatiningsih saat memberikan motivasi

 

Kak Difa saat memaparkan apa itu Pandu Digital Indonesia

Tim Litbang Forum TBM (Taman Baca Masyarakat) Kabupaten Wonogiri yang berprofesi sebagai Perangkat Desa ini siap memberikan pendampingan kepada TP PKK Desa Glesungrejo dalam pengembangan literasi warga masyarakat Desa Glesungrejo dan berharap Desa Glesungrejo menjadi pilot project Desa Digital.

Ketua Pokja 2; Khomsatun saat memipin pelaksanaan Gerakan Sabu-Sabu

Teknis pelaksanaan Gerakan Sabu-Sabu yaitu peserta diberikan satu buku ringan untuk dibaca selama kurang lebih 15 menit, kemudian menyampaikan apa yang didapat setelah membaca buku tersebut didepan forum.

Ketua TP PKK Desa Glesungrejo didampingi Kak Difa memberikan doorprize kepada pesrta yang berani memaparka isi buku yang telah dibacanya

 

Siap bersinergi, Salam Literasi

Kegiatan keempat adalah Sosialisasi PAAR (Pola Asuh Anakdan Remaja). Sosialisasi kedua ditahun ini disampaikan oleh ketua Pokja 1 TP PKK Desa Glesungrejo; yuli Hartini.

Penyampaian Sosialisasi PAAR oleh Ketua Pokja 1

 

Foto bersama Pokja 1 dan peserta Sosialisasi PAAR

Dengan sinergi dari program kerja unggulan Pokja 1 dan Pokja 2 ini semoga bisa melahirkan orangtua yang lebih berkualitas, mampu mendidik anak-anaknya menjadi generasi penerus bangsa. admin_nf

2 Comments

Tinggalkan Balasan