Hatinya PKK Tidak Sebatas Lomba

WONOGIRI, glesungrejo.desa.id _ Gerakan HATINYA PKK adalah singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersama Tim Penggerak PKK. Ini merupakan salah satu program unggulan dari Kelompok Kerja (POKJA III)  PKK seluruh Indonesia. Dimana melalui program ini Tim Penggerak PKK membina kader PKK serta masyarakat untuk dapat bergerak memanfaatkan halaman pekarangan rumahnya masing-masing,walaupun kecil dan minimalis, untuk diolah, diatur sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarganya. Disamping juga ditata menjadi cantik, asri dan menyejukkan mata dengan bunga dan tanaman hijau lainnya.

Tanaman tertata dengan rapi di halaman rumah

Setiap tahun TP PKK Desa Glesungrejo berturut serta pada ajang perlombaan Hatinya PKK yang diselenggarakan oleh TP PKK Kecamatan Baturetno. Pada Tahun 2021 ini TP PKK Desa Glesungrejo menunjuk Dusun Sukorejo RT 01 RW 08 untuk mewakili kompetisi tersebut. Kegiatan ini tidak hanya sebatas untuk lomba saja tetapi esensinya adalah agar masyarakat dusun tersebut khususnya teredukasi akan pentingnya gerakan Hatinya PKK.

Tim Penggerak PKK Kec. Baturetno telah hadir di lokasi

Sabtu (3/4) Tim PKK Kecamatan Baturetno hadir membina sekaligus menilai sejauh mana gerakan ini dicapai di dusun tersebut. Tim Penggerak PKK sengaja menunjuk dusun yang belum teredukasi secara masif akan gerakan ini. Tujuannya agar masyarakat di dusun tersebut tersentuh, paham dan bangkit untuk menyukseskan gerakan yang menjadi program unggulan PKK desa ini.

Tim Penggerak PKK saat berkeliling mengecek pekarangan warga Dusun Sidorejo 1/8

 

Ketua TP PKK Kec. Baturetno; Ny. Uti Eko Nur Haryanto meninjau pekarangan warga

TP PKK Desa Glesungrejo memberikan edukasi juga tentang salah satu pemanfaatan pekarangan, diantaranya Kebun Gizi Keluarga dengan Buah dan Sayur, Apotik Hidup dengan Tanaman Obat Tradisional, Warung Hidup dengan aneka bumbu dan rempah, Tanaman pelindung/Tanaman Keras, peternakan dan perikanan.

Pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk budidaya ikan

Penataan Halaman juga diperhatikan dengan menata sarana Pembuangan limbah rumah tangga, sehingga tidak terdapat genangan di halaman rumah yang dapat menjadi sumber penularan penyakit. Serta penataan halaman dengan aneka tanaman hias, gar menimbulkan kesan ASRI pada rumah tersebut, dan memelihara kebersihan, keindahan serta kenyamanan lingkungan.

Pengecekan saluran pembuangan limbah oleh ketua TP PKK Kec. Baturetno

 

Evaluasi bersama

Melalui gerakan Hatinya PKK kita harapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

Foto bersama usai kegiatan

Mari Kita  manfaatkan lahan pekarangan semaksimal mungkin melalui Hatinya PKK dengan mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman,  ternak dan ikan akan menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus guna pemenuhan gizi keluarga dan dapat memberikan sumbangan pendapatan bagi keluarga

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan