Validasi CKPM (Calon Keluarga Penerima Manfaat) PKH Tahun 2021

WONOGIRI, glesungrejo.desa.id _ Pada awal Bulan Januari Pendamping PKH Desa Glesungrejo melaksanakan Pendampingan kegiatan Validasi data Calon Keluarga Penerima Manfaat (CKPM ) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2021. Kegiatan ini bertempat di Gedung Olahraga Kantor Desa Glesungrejo.

Peserta CKPM PKH 2021 Desa Glesungrejo

Adapun data yg divalidasi adalah data CKPM PKH yang turun dari Kementrian Sosial. Pendamping PKH dan aparat desa dalam hal ini bersinergi memvalidasi data CKPM PKH agar sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh Kementrian Sosial dengan mengumpulkan data – data CKPM, untuk diketahui baik status, administrasi kependudukannya dan keberadaan CKPM tersebut. Adapun kriteria Kementrian Sosial adalah mengacu pada Indikator Penilaian sebagai berikut :

1. Indikator Kesehatan yaitu memiliki anggota Keluarga Ibu Hamil dan Anak Usia Dini,

2. Indikator Pendidikan, memiliki Anak Sekolah SD sampai SMA,

3. Indikator Kesejahteraan Sosial memiliki Anggota Keluarga Disabilitas dan Lansia Umur di atas 70 Tahun.

CKPM PKH harus memiliki/memenuhi indikator tersebut atau Eligible.

Para CKPM PKH antri untuk di validasi sesuai protokol kesehatan

 

Mapres (Mahasiswa Berprestasi) Kab. Wonogiri ikut membantu pelaksanaan validasi

Di Desa Glesungrejo terdata 70 CKPM PKH, tervalidasi Eligible 47 CKPM, tidak tervalidasi karena tidak memenuhi Indikator penilaian / NE ( Non Eligible ) 22 CKPM dan pindah 1 CKPM. Dari 47 CKPM PKH ini akan di verifikasi dan divalidasi kembali  datanya, data ini akan diinput di aplikasi EPKH sehingga dapat diketahui CKPM PKH yang Eligible.

Pendamping PKH; Duwi Indratmoko dan Dwi Panggo sedang melaksanakan validasi CKPM

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan