Aksi Hebat Kader Posyandu Desa Glesungrejo

WONOGIRI, glesungrejo.desa.id _ Pandemi covid-19 telah banyak menghambat seluruh aktivitas dan kegiatan warga, tak terkecuali dengan kegiatan posyandu di Desa Glesungrejo. Kegiatan Posyandu tidak diijinkan berlangsung mulai bulan Maret hingga Agustus. Bidan Desa Glesungrejo bersama Kader Posyandu segera berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Glesungrejo.

Mengingat pentingnya peran Posyandu, maka aktivitas pemantauan pertumbuhan balita sebagai bagian dari program pencegahan stunting tetap harus dijalankan. Jaminan pelayanan kesehatan kepada balita dan ibu hamil melalui kegiatan Posyandu tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada Rapat Terbatas 5 Agustus 2020. Kala itu Presiden meminta agar Posyandu dibuka kembali dengan memerhatikan protokol kesehatan.

Pada bulan September hingga Oktober, kegiatan posyandu berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun, pada bulan November kegiatan posyandu kembali diberhentikan karena adanya peningkatan kasus yang cukup signifikan di Desa Glesungrejo.

Pada bulan ini; Desember, kegiatan posyandu kembali berjalan dengan regulasi hanya berlangsung pada wilayah yang tidak terdapat kasus terkonfirmasi Covid-19. Kegiatan ini meliputi kegiatan Penimbangan Balita, Pembagian PMT dan Imunisasi Balita. Semua kegiatan ini dilakukan oleh Kader Posyandu bersama Bidan Desa Glesungrejo; Amanah Purwaningsih.

Penimbangan Balita pada 8 Kelompok Posyandu Desa Glesungrejo

Kegiatan ini berlangsung dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Memakai masker
  • Mencuci tangan dengan sabun
  • Menjaga jarak
  • Membawa sarung sendiri
  • Suhu tubuh tidak lebih dari 37,3 ‘C

        

Setiap balita menggunakan sarungnya sendiri-sendiri saat penimbangan

Usai kegiatan penimbangan, Kader Posyandu bersama Bidan Desa melakukan evaluasi.

Foto bersama usai kegiatan

Pembagian PMT Balita

Untuk melaksanakan amanat undang-undang Pengalokasian Dana Desa pada program pencegahan stunting maka program pemberian PMT kepada balita menjadi salah satu caranya. Pemberian PMT balita biasanya dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan posyandu. Namun pada masa pandemi ini, beberapa bulan pelaksanaan posyandu ditiadakan sehingga Pemberian PMT Balita dilaksanakan door to door oleh Kader Posyandu.

kader Posyandu bersiap door to door membagi PMT Balita

Imunisasi Balita

Pandemi Virus Corona berimbas pada banyak hal, tak terkecuali jadwal imunisasi. Tidak sedikit orang tua yang ragu membawa anaknya ke rumah sakit atau puskesmas untuk melakukan imunisasi karena takut tertular virus yang sudah menginfeksi jutaan orang di seluruh dunia ini.

Selama masa pandemi ini, UPTD Puskesmas Baturetno 1 tidak memberikan pelayanan imunisasi di Puskesmas seperti biasanya. Untuk mengurangi penumpukan antrian dan tetap menjaga sosial distancing maka diputuskan pelayanan imunisasi dilakukan di setiap desa dengan terjadwal. Keputusan ini berdasar surat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri tanggal 12 Mei 2020 No. 443.52/2250 Tentang Pelayanan Imunisasi pada Anak selama masa pandemi Covid 19.

Mulai Bulan Juni 2020 hingga pandemi berakhir, Kader Posyandu yang juga termasuk Kader Kesehatan berperan membantu tenaga medis dari UPTD Puskesmas Baturetno 1 dalam setiap pelaksanaan Imunisasi Balita di Desa Glesungrejo. Hal ini merupakan hal baru yang sebelumnya belum pernah mereka lakukan. Melalui bimbingan Bidan Desa Glesungrejo, Kader-kader ini siap siaga melaksanakan tugas mulia ini.

Kader mengecek suhu tubuh balita dan ibu

 

Sesi penimbangan Berat Badan (BB)

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan