Yuk Tertib Administrasi !

WONOGIRI, glesungrejo.desa.id _ Salah satu kewajiban pemerintah desa adalah menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat. Pemerintah bisa melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut dengan pengadministrasian yang tertib. Dalam rangka pelaksanaan tertib Administrasi Pemerintahan Desa, Tim Kecamatan Baturetno melakukan Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2020 di Desa Glesungrejo pada tanggal 26 Oktober 2020.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Glesungrejo ini dipimpin langsung oleh Camat Baturetno beserta Tim yang terdiri dari : Lilik Hendratno, S. E (Kasi Tapem); Ismeidi, ST. MMT (Kasi PPM); Winardi, BA (Staf Kasi Tapem), Arif Budi Setiyawan, ST. (Pendamping Desa Teknik Infrastruktur); Ir. Edi Winarto dan Dinik Ikhawati, SE (Pendamping Desa Pemberdayaan ); Zakiyatun Muflikah dan Yuliyatmoko (Pendamping Lokal Desa).

Pelaksanaan cek administrasi

 

Permendagri 47 Tahun 2016 Tentang Administrasi Pemerintahan Desa membahas Administrasi yang ada di Desa. Adapun Administrasi Pemerintahan Desa adalah keseluruhan proses kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai Pemerintahan Desa pada Buku Register Desa. Administrasi Pemerintahan Desa diantaranya adalah:

  1. Administrasi Umum (Administrasi Umum adalah pencatatan data dan informasi mengenai kegiatan pemerintahan Desa pada Buku Administrasi Umum)
  2. Administrasi Penduduk (Administrasi Penduduk merupakan kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai kependudukan pada Buku Administrasi Penduduk)
  3. Administrasi Keuangan (Administrasi Keuangan yaitu kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai pengelolaan keuangan Desa pada Buku Administrasi Keuangan)
  4. Administrasi Pembangunan (Administrasi Pembangunan adalah kegiatan pencatatan data dan informasi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pada Buku Administrasi Pembangunan)
  5. Administrasi Lainnya (Administrasi Lainnya adalah kegiatan pencatatan data dan informasi mengenai penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat selain poin-poin di atas)

Administrasi Lainnya meliputi Kegiatan Badan Permusyawaratan Desa dalam buku administrasi Badan Permusyawaratan Desa, Kegiatan musyawarah Desa dalam buku musyawarah Desa dan Kegiatan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Lembaga Adat dalam buku Lembaga Kemasyarakatan Desa/Lembaga Adat.

Peraturan Menteri ini ditetapkan bahwa dalam rangka mewujudkan tertib administrasi desa yang mampu berfungsi sebagai sumber data dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.

Selain mengecek administrasi, Tim juga melakukan monitoring dan evaluiasi pembangunan yang sudah terlaksana di Desa Glesungrejo. Tahun 2020 ini ada 3 Kegiatan pembangunan yang kita laksanakan sebelum pandemi, yaitu Pembangunan Talud Jalan 2 titik dan Pembangunan Balai Kemasyarakatan

Pelaksanaan Monev Talud Jalan oleh Camat Baturetno

 

Pelaksanaan Monev RTLH dari Dana Desa di rumah Bp. Suprapto Dusun Sonosari

 

Camat baturetno didampingi kepala Desa Glesungrejo melakukan Monev RTLH Bankeu Prop di rumah ibu Sakiyem Dusun Karangwidodo

Setelah Pelaksanaan monitoring administrasi dan pembangunan, Camat Baturetno beserta Tim menyampaikan hasil. Pemerintah Desa Glesungrejo termasuk salah satu desa yang sudah tertib administrasinya. “Kami memberikan apresiasi kepada jajaran Pemerintah Desa Glesungrejo yang sudah melaksanakan tertib administrasi dan semua telah melaksanakan tugas sesuai Tupoksi masing-masing dan sangat memuaskan” tutur Lilik Hendratno, SE.

Penyampaian hasil monitoring dan evaluasi

 

 

Foto bersama usai kegiatan

Sebagai Kata penutup, Andi Wirawan selaku Kepala Desa Glesungrejo mengucapkan terima kasih dan berharap akan terus ada pembinaan-pembinaan berkelanjutan tentang Pemerintahan Desa agar Desa semakin maju dan berkualitas.

admin_nf

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan