Membangun Kesadaran Bersama Hadapi Bencana

WONOGIRI_ glesungrejo.desa,id , Program desa tangguh bencana atau dikenal dengan sebutan singkat Destana, telah dimulai sejak 2012 dan menjadi program prioritas nasional. Program ini, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bencana. Desa Tangguh Bencana adalah desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan (Peraturan Kepala BNPB Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pedoman Umum Desa/Kelurahan Tangguh Bencana).

Desa Glesungrejo pada akhir  tahun 2019 ini memulai membentuk kelompok relawan desa tangguh bencana. Kegiatan perdana yang dilaksanakan adalah Pelatihan Destana (Desa Tangguh Bencana) pada Selasa, 10 desember 2019.

Peserta Destana Desa Glesungrejo tahun 2019

Sebanyak 41 relawan terdiri dari Nelayan, delegasi masing-masing RT, dan jajaran Perangkat Desa mengikuti pelatihan ini .  Peserta mendapatkan materi Dasar-dasar Penanggulangan Bencana dan Pengkajian Resiko Bencana.

Kepala Desa Glesungrejo; Andi Wirawan memberikan sambutan

Dalam sambutan nya, Kepala Desa Glesungrejo mengingatkan pentingnya dibentuk Relawan Destana mengingat kondisi medan Desa Glesungrejo yang berpotensi terkena bencana. “Desa kita dekat dengan aliran waduk Gajah mungkur dan banyak pepohonan rindang di sekeliling kita yang berpotensi terkena bencana, maka dari itu kita harus sigap menanggulangi hal-hal yang tidak kita inginkan”, tuturnya.

 

Peserta mendengarkan sambutan Kasi Tapem Kec. Baturetno; Lilik Hendratno, SE
Lilik Hendratmo, SE selaku Kasie Tapem Kec. Baturetno sat memberikan sambutan

 

Tim BPBD Kab Wonogiri menyampaikan materi

 

Peserta berperan aktif dalam acara

 

Kegiatan Kelompok

Tim BPBD Kab. Wonogiri menyampaikan materi ke 2

 

Peserta berperan aktif

 

Kegiatan kelompok

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan