Ayo Gunakan Pola Hidup CERDIK!

glesungrejo.desa.id_ Semakin meningkatnya kejadian PTM, maka perlu adanya edukasi dan pendampingan kepada masyarakat untuk melaksanakan deteksi dini atau screening terhadap PTM, terutama pada kelompok yang berisiko. Kamis, 3 oktober 2019 telah dilaksanakan serangkaian kegiatan screening/ penjaringan Penyakit Tidak Menular.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Bidan Desa Glesungrejo; Amanah Purwaningsih, Amd Keb dan diikuti oleh seluruh kader posbindu Desa Glesungrejo dan warga Dusun Putuk usia 15-59 tahun. Program Posbindu di Desa Glesungrejo telah dilaksanakan sejak tahun 2017 tetapi belum semua dusun terfasilitasi. Tahun ini sasaran kegiatan ini mulai dilaksanakan di dusun Putuk.

Sebelum Pelaksanaan skrining dimulai, peserta mendapatkan penyuluhan tentang Penjaringan Penyakit Tidak Menular (PTM) oleh Ibu Amanah P, Amd Keb.

“Saat ini kematian terbesar disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM), oleh karena itu pola hidup sehat seharusnya menjadi kebutuhan masyarakat terutama pada usia produktif yaitu usia 15-59 tahun” , tuturnya.

Terapkan Pola hidup sehat dengan perilaku CERDIK

C = Cek kesehatan secara berkala
E = Enyahkan asap rokok
R = Rajin aktifitas fisik
D = Diet dengan kalori seimbang
I = Istirahat cukup
K = Kelola stress

Penjaringan/ Screening PTM merupakan salah satu upaya pemerintah mendekatkan pelayanan bagi masyarakat untuk pola hidup sehat dengan cek kesehatan secara berkala.

Setelah sesi penyuluhan usai, kegiatan selanjutnya adalah pelaksanaan screening Penyakit Tidak Menular (PTM).

Meja 1
Pendaftaran
Meja 2
Pengukuran Tinggi Badan dan Lingkar Pinggang
Meja 2
Pengukuran Tekanan Darah
Meja 3
Pengukuran dengan Alat Body Fat
Alat Body Fat

Body Fat monitor dapat bekerja lebih detail dibandingkan dengan timbangan badan biasa. Beberapa pengukuran yang dapat dilakukan oleh Body Fat Monitor namun tidak dapat dilakukan oleh timbangan badan biasa diantaranya adalah :

* Indek Masa Tubuh
* Pengukuran Presentase lemak tubuh
* Pengukuran kadar lemak viseral
* Metabolisme istirahat
* Menghitung usia tubuh berdasar metabolisme istirahat
* dll

Meja 4
Laborat Gula Darah
Meja 5
Konseling
Senam Peregangan oleh Bidan Desa bersama Kader Posbindu

Sebelum Kegiatan berakhir, Bidan Desa memimpin evaluasi, analisis dan rencana tindak lanjut kegiatan Penjaringan Penyakit Tidak Menular (PTM)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan