Gerakan PSN … Cara Efektif Berantas Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue yang menginfeksi bagian tubuh melalui sistem peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty yang terinfeksi. Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sudah menjadi masalah nasional karena jumlah penderita dan kematian yang diakibatkannya cukup tinggi, sehingga dapat menimbulkan keresahan masyarakat khususnya di Desa Glesungrejo. Oleh Karena itu diperlukan adanya suatu penanganan yang serius untuk mengantisipasi merebaknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Glesungrejo yaitu dengan melaksanakan Kegiatan Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (GERTAK PSN DBD).

Koordinasi sebelum PSN

GERTAK PSN adalah gerakan yang dilakukan secara serentak dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan 3 M plus diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur serta mendaur ulang/ memanfaatkan barang barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya (Breading Place) jentik nyamuk Aedes Aegpty sp.

Kegiatan GERTAK PSN kali ini dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2019 dengan menyasar wilayah Dusun Sonosari, Dusun Sukorejo dan Dusun Bulu. Petugas GERTAK PSN kali ini terdiri dari Aparat Pemerintah Desa dan kader posyandu

Adapun tujuan secara umum dilakukannya GERTAK PSN ini adalah untuk meningkatkan Angka Bebas Jentik (ABJ) sehingga seluruh Masyarakat Desa Glesungrejo terbebas dari penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap kesehatan lingkungan yang merupakan salah satu faktor pencetus meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan GERTAK PSN.






Adapun hasil dari Gertak PSN itu adalah sebagai berikut :
Dusun Sonosari
Jumlah KK yang diperiksa : 66
Jumlah (+) jentik : 11
Angka Bebas Jentik : 83,33 %
Jumlah Kontainer : 245
Jumlah Penderita Panas : 3

Dusun Sukorejo
Jumlah KK yang diperiksa : 51
Jumlah (+) jentik : 6
Angka Bebas Jentik : 88,2 %
Jumlah Kontainer : 223
Jumlah Penderita Panas : 0

Dusun Bulu
Jumlah KK yang diperiksa : 43
Jumlah (+) jentik : 26
Angka Bebas Jentik : 39,53 %
Jumlah Kontainer : 155
Jumlah Penderita Panas : 0


Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, kegiatan 3 M Plus ini harus dilakukan secara luas/serempak dan terus menerus/berkesinambungan. Kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya menjadi kunci penanggulangan kasus penyakit DBD (demam berdarah dengue). Intervensi pemerintah akan sia-sia tanpa ada kesadaran masyarakat memberantas sarang nyamuk. Tingkat pengetahuan, sikap dan kesadaran yang sangat beragam sering menghambat suksesnya gerakan PSN DBD ini.(admin)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan