TP PKK Desa Glesungrejo Gelar Pelatihan Public Speaking

Pelatihan public speaking banyak dibutuhkan saat ini, mengapa demikian? Karena dengan memiliki kemampuan public speaking yang baik, maka seseorang akan mampu berbicara di depan banyak orang dengan baik, dan dapat menyampaikan dengan baik, maksud dan tujuan yang ingin disampaikan.

Kemampuan public speaking ini sangat diperlukann untuk berbagai macam keperluan, khususnya pada agenda kemasyarakatan.

Maksud dan tujuan diadakannya pelatihan public speaking adalah agar peserta merasa berani berbicara di muka umum, dan dapat menyampaikan materi atau informasi yang hendak disampaikan dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa banyak sekali orang yang akan merasa gugup ketika harus bericara di depan umum. Padahal ketika kita merasa gugup maka otak tidak akan dapat berpikir dengan baik, dan materi yang akan disampaikan pun tidak akan dapat disampaikan dengan baik.

Pelatihan seperti ini memang dapat diikuti oleh berbagai macam kalangan. Teknik seperti ini memang harus dipelajari, karena dengan begitu maka materi yang akan disampaikan akan dapat tersampaikan dengan baik, dan dapat diterima dengan baik pula.

Kamis, 1 November 2018 telah diselenggarakan Pelatihan Public Speaking di Balai Desa Glesungrejo. Peserta dari kegiatan ini adalah ketua PKK RT dan kader PKK Desa Glesungrejo.




Acara diawali dengan Sambutan Kepala Desa Glesungrejo; Bp. Andi Wirawan

Hadir sebagai Narasumber ibu Nofrida Ariyanti P, SS. (Ibu dari 5 anak, Penyuluh Agama Islam non PNS kec. Giriwoyo kab wonogiri,Relawan Inspirasi Rumah Zakat,pegiat parenting, praktisi seni, penulis, pengamat remaja, pengelola Rumah Baca Mentari Ngancar Giriwoyo Wonogiri)


Ada beberapa hal yang masuk dalam materi pelatihan ini, seperti ;

*kuasai materi
Penguasaan materi menjadi hal yang sangat penting setelah kita mengetahui 5w 1H
What : jenis acara
Who : audiens utama dan tambahan
When : pagi, siang, dll dan momentum
Where: indoor/outdoor, kursi/lesehan
Why : latar belakang diadakan acara
How : eksekusi strategi dari data

*grogi, ayo pergi
Ketika seseorang mengikuti pelatihan seperti ini, maka seseorang tersebut akan diajarkan untuk dapat mengatasi rasa takut untuk berada di depan podium dan berbicara. Kebanyakan orang merasa tidak percaya diri ketika berada di muka umum. Pelatihan ini akan membangkitkan rasa percaya diri setiap orang, bahwa mereka mampu berbicara di muka umum.

*Bahasa tubuh
Peserta juga akan diajarkan untuk dapat menggunakan bahasa tubuh dengan baik, selama berada di muka umum. Bahasa tubuh ini akan sangat mudah dimengerti oleh para audience, dan teknik ini penting untuk dipelajari.

*Teknik Vokal
yang dimaksud dengan teknik vokal disini adalah mempelajari intonasi suara, agar dapat merangkul para audience, semakin baik tekni vokal, maka akan membuat para audience terbius akan presentasi yang sedang digelar.

*Teknik presentasi
Teknik presentasi yang baik juga akan dipelajari di pelatihan ini, teknik ini penting dipelajari agar presentasi yang dibuat menarik dan mudah dipahami oleh para audience. Jika teknik presentasi ini tidak dikuasai dengan baik tentunya para audience akan merasa bosan dengan presentasi yang sedang digelar.

Berikut kegiatan presentasi dalam kelompok yang dipandu oleh panitia







Praktek dimuka umum

Selesai melakukan pelatihan maka para peserta harus mampu mempresentasikan hal yang menarik di depan umum. Disini para peserta dapat mempraktikan semua materi Pelatihan public speaking yang telah didapat.








Ibu ketua TP PKK Desa Glesungrejo; Farina Mei Widyastuti memberikan closing

Semoga para peserta dapat mengamalkan ilmu yang telah didapat dari pelatihan ini dalam kehidupan bermasyarakat. (admin)



Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan